Tips dalam mengaplikasikan cat  lukis glow in the dark

Pengen sesuatu yang unik untuk gambar atau lukisanmu? Pernah kepikiran kalau gambarmu bisa dinikmati keindahannya dalam kondisi gelap? Kamu bisa coba menggunakan cat lukis glow in the dark atau cat fosfor (phosphorescent) untuk melengkapi keindahan lukisanmu.

Mungkin kamu pernah mengaplikasikan cat lukis glow in the dark namun belum mendapatkan hasil yang maksimal? Nah memang untuk cat glow in the dark (fosfor) punya beberapa karakteristik yang unik maka dari itu kita akan sharing beberapa tips yang perlu diingat saat mengaplikasikan cat lukis fosfor (glow in the dark).

Berikut tips yang  perlu diperhatikan:

  • Pilih cat fosfor sesuai dengan media yang akan diaplikasi. Sudah tau donk kalau pemilihan jenis cat sesuai dengan media yang akan dicat  merupakan langkah yang penting? Jangan sampai kamu mengaplikasikan cat  berbasis minyak ke permukaan berpori seperti kertas atau kain, wah bisa barabe hasilnya karena apabila salah memilih jenis cat dijamin hasilnya akan sangat tidak maksimal belum lagi ada kemungkinan media yang dicat bisa rusak. Cat glow in the dark atau cat fosfor terdiri dari dua jenis yaitu cat fosfor  waterbased termasuk salah satunya cat lukis acrylic glow in the dark,  biasanya digunakan untuk media-media yang berpori dan bisa menyerap air seperti kain, kertas,kanvas, dinding,  kayu yang belum divernis dan sebagainya. Sedangkan cat minyak fosfor (solvent based), digunakan untuk media-media yang tidak menyerap air seperti besi, aluminium, kayu dan sebagainya.
  • Gunakan cat dasar warna terang dan cat fosfor untuk top coating  Gunakan cat fosfor sebagai top coating gambar atau lukisan kamu. Oya, satu hal penting dan kadang tidak diketahui oleh pelukis adalah semakin terang warna background nya maka semakin terang hasil glow yang bisa didapatkan.
  • Aplikasikan cat fosfor selapis demi selapis. Mulailah ambil cat lukis fosfor dalam jumlah yang lebih sedikit dengan kuasmu untuk membuat layer tipis terlebih dahulu baru setelah itu tambahkan lagi  jika dibutuhkan. Hal ini bisa mencegah ujung goresan pertama kuasmu terlihar lebih glow daripada yg sesudahnya. Psst.. Ini salah satu tips dari para artist glow in the dark yang sudah berpengalaman loh!
  • Gunakan lampu atau senter blacklight untuk mengecek apakah hasil aplikasimu sudah merata selagi cat nya masih dalam keadaan basah. Berhubung cat lukis glow in the dark warnanya cenderung clear maka pasti susah bagi kamu untuk melihat apakah goresan cat fosfor yang sudah kamu aplikasikan tersebut sudah rapi atau belum. Kamu bisa gunakan lampu blcaklight (lampu senter UV) pada saat mengecat dengan cat glow in the dark, bahkan di ruangan yang terang sekalipun.
  • Berikan jeda waktu pengeringan 10-15 menit antar lapisan cat. Jangan terburu-buru menimpa lapisan cat pertama dengan berikutnya, pastikan lapisan cat pertama sudah benar-benar kering, bila perlu gunakan hairdryermu untuk mempercepat proses pengeringan.
  • Banyak orang yang cukup mengaplikasikan satu kali pelapisan cat glow nya tetapi jika kamu ingin hasil yang lebih terang bisa tambah sampai 2-3 kali pelapisan lagi. Biasanya penambahan lapisan cat diatas 3 kali tidak membuat perbedaan terlalu banyak untuk tingkat glow nya.
  • Setelah selesai aplikasi, untuk menikmati hasil akhir lukisan glow in dark mu, kamu bisa merecharge terlebih dahulu lukisanmu dengan sinar lampu blacklight (lampu senter ultraviolet) atau sinar matahari lalu bawa ke ruangan yang lebih gelap dan tadaaaa…you will be amazed with the glow.

Itulah beberapa tips yang bisa membantu kamu berkreasi dengan cat lukis fosfor atau cat acrylic glow in the dark. Selamat mencoba!