Persiapan Permukaan Media Sebelum Mengecat Cat Fosfor Glow in the Dark

 

Orang sering bertanya, “ Bagaimana caranya mengecat fosfor ?”  Jawabannya yang mestinya sederhana tapi kalau diterangkan secara detail untuk mendapatkan hasil terbaik maka jawaban itu jadi terkesan rumit dan membingungkan.  Hal ini karena kita masih menggunakan kerangka berpikir dan keahlian mengecat cat warna biasa. Walaupun cat fosfor cara aplikasinya masih menggunakan alat yang biasa dipakai tapi karena perbedaan karakteristik cat fosfor dibandingkan dengan cat warna maka ada sedikit perbedaan yang bisa kita cermatin.

Untuk jauh lebih memahami cara mengecat fosfor dibutuhkan sedikit informasi dan pengetahuan komposisi cat. Ada satu perbedaan yang sangat mencolok apabila kita bandingkan cat fosfor dengan cat biasa yaitu tingkat vikositas cat.Selain itu ukuran partikel pigment fosfor yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pigment cat warna biasa. Perbedaan ukurannya bisa berpuluh puluh kali lipat dan bahkan mungkin ratusan kali lipat tergantung dari spesifikasi cat fosfor yang akan diaplikasikan. Ini menjadi faktor utama kenapa cara mengecat fosfor itu berbeda dengan cat warna umumnya.

Pengecatan cat fosfor bersifat top coat atau lapisan terakhir maka kita perlu menyiapkan terlebih dahulu lapisan dasar untuk memberikan hasil terbaik.  Berikut adalah tahap pengerjaan dan hal yang harus diperhatikan.

  1. Persiapan permukaan

Ada dua jenis permukaan yang biasanya kita temukan, permukaan yang masih mentah atau permukaan yang sudah terdapat cat bekas sebelumnya.  Dengan asumsi, pengerjaan dari dasar maka kita harus pastikan permukaan bersih dari semua kotoran ataupun bekas cat sebelumnya. Tahap ini kita bisa menggunakan amplas halus untuk media kayu dan besi. Tahap dasar ini tergantung dari jenis bahan material. Tingkat kesulitan dan alat yang dipakai untuk tahap ini sangat disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Tujuan utama dari tahap ini adalah menyiapkan permukaan sehingga permukaan tersebut bersih dan mungkin perlu diamplas halus supaya permukaannya siap untuk lapisan primer. Lapisan yang sedikit kasar akan membantu daya rekat cat.

  1. Cat Primer atau Cat Dasar

Setiap jenis permukaan mempunyai jenis cat primer tersendiri disesuaikan dengan jenis bahan material permukaan tersebut. Misalkan plastik dan besi mempunyai jenis cat primer yang bebeda begitu juga dengan aplikasi kayu, beton, aluminium dan lainnya. Carilah di pasaran cat dasar primer yang sesuai diperuntukkan untuk permukaan tersebut. Biasanya kita mendapatkan nama seperti zinc chromate sebagai nama cat primer atau cat dasar.

Cat dasar ini selain berfungsi dasar untuk menjadi daya rekat utama antara jenis permukaan dan cat lapisan pertama juga biasa berfungsi sebagai anti karat untuk media besi. Biasanya juga cat primer ini disebut cat meni.  Cat primer ini biasanya berwarna hijau atau wana abu.

  1. Cat Lapisan kedua

Dikarenakan cat primer yang berwarna gelap maka cat primer perlu ditimpa warna terang sehingga warna terang tersebut menjadi warna background untuk cat fosfor glow in the dark itu. Untuk lapisan ini, biasanya dianjurkan memakai warna putih karena warna putih adalah warna background yang paling terang untuk lapisan cat fosfor di atasnya. Kalau warna putih terlalu pucat atau lebih menyukai warna lain maka anda bisa menggunakan warna pastel muda seperti krem kuning atau warna pastel lainnya.  Yang perlu dipahami di lapisan ini tujuan kita memberikan warna dasar sebelum warna fosfor karena cat fosfor itu efeknya terkesan transparan sehingga penentuan warna ini sama seperti menentukan warna apa yang akan terlihat apabila cat itu di luar ruangan atau ketika berada di tempat terang.

Sampai pada tahap ini Kita sudah melewati tahap tahap yang benar sebelum ke lapisan terakhir yaitu lapisan cat fosfor glow in the dark. Keberhasilan kita mengecat cat fosfor ditentukan dari persiapan kita di tahap ini. Kalau diibaratkan rumah, cat fosfor glow in the dark hanyalah bagian atap atau genteng dari seluruh fondasi yang kita bangun. Apabila fondasi bawah sudah benar dan kuat secara tidak langsung cat fosfor akan memberikan hasil yang optimal dan awet.