Pertanyaan Umum – Glow Stick | Light Stick

Glow stick atau light stick adalah tongkat yang memancarkan sinar atau cahaya di kegelapan (glow in the dark). Light stick memiliki banyak fungsi, salah satunya yaitu digunakan sebagai properti pesta, acara konser dengan konsep glow in the dark.
Negara Korea Selatan menjadi negara yang banyak menggunakan light stick sebagai fans property—yang menandakan seseorang adalah penggemar suatu boyband/girlband/penyanyi lain. Glow stick juga dapat berwujud gelang atau yang biasa disebut dengan gelang fosfor atau tongkat fosfor.

Glow Stick 6 inch

Glow stick juga digunakan sebagai safety stick sebagai penerangan dalam gelap jika terjadi situasi darurat, misalnya digunakan oleh penyelam yang menyelam pada malam hari atau di lokasi yang dalam dan gelap. Dapat digunakan juga di lokasi yang dipenuhi dengan bahan yang mudah terbakar, dan akan membahayakan jika menggunakan penerangan yang berpotensi mengeluarkan percikan api seperti listrik atau cahaya api itu sendiri.

Apa itu glow stick dan bagaimana cara kerjanya?

Pancaran sinar Glow stick berasal dari reaksi antara 2 cairan kimia. Reaksi kimia yang muncul menjadi sumber energi dari glow stick. Reaksi ini dinamai dengan nama chemiluminescence, yang merupakan reaksi yang muncul dari interaksi cyalume yang memiliki komposis hydrogen peroxide dan fluorescent dye.

Bagaimana cara pakai glow stick?

  1. Glow stick dipatahkan sampai terdengar suara seperti gelas yang pecah.
  2. Bisa juga dengan dikocok selama beberapa waktu. Cara ini akan membantu cairan kimia yang ada di dalam glow stick dapat bereaksi dengan maksimal dan dapat menyebar secara merata. Sehingga pancaran sinarnya bisa lebih terang dan seimbang.

Berapa lama nyala glow stick?

Kurang lebih Glow stick mampu menyinari dalam jangka waktu yang relatif panjang, bisa mencapai 12 jam. Namun, kurun waktu 4-6 jam setelah dipatahkan atau dikocok adalah waktu yang paling bercahaya. Karena setelah 4-6 jam, kecerahan light stick akan berkurang sedikit demi sedikit hingga tidak menyala sama sekali.

Apakah glow stick hanya sekali pakai?

Sayangnya iya, karena saat reaksi kimia yang terjadi telah selesai, maka selesai juga pancaran glow stick tersebut dan tidak akan mengeluarkan cahaya lagi setelahnya.

Apa warna paling terang dari glow stick?

Warna yang paling terang dari Glow stick adalah warna hijau. Dengan susunan urutannya, pertama adalah hijau, kedua adalah kuning, lalu orange, biru, pink, dan terakhir merah.

Kenapa glow stick dipakai oleh penyelam atau diving ataupun tim SAR?

  1. Glow stick dipilih karena tidak memiliki aliran listrik, dan tidak berbahaya bila digunakan di tempat yang basah (di dalam air) serta tahan terhadap tekanan saat di dalam air.
  2. Tidak panas, sehingga tidak membahayakan tangan atau anggota tubuh, atau ekosistem perairan.
  3. waterproof atau anti air, sehingga dapat digunakan untuk menerangi baik di daratan maupun di dalam air.

Apakah ada kemungkinan glow stick itu bocor? Berbahaya atau tidak?

Ya. Glow stick dapat mengalami kebocoran saat glow stick itu dipatahkan dan dibengkokkan dengan cara ekstrem seperti dibengkokkan sampai lebih dari 90 derajat maka mungkin akan terjadi kebocoran meski menggunakan plastik pembungkus yang fleksibel dan tidak mudah rusak.
Apabila cairan akibat kebocoran dan mengenai kulit,disarankan untuk segera membasuhnya dengan air. Cairan tersebut juga bisa menimbulkan noda jika terkena media yang dapat menyerap air, yaitu barang-barang yang terbuat dari kain, seperti pakaian atau karpet.

Bagaimana caranya men-stop atau mematikan cahaya nya?

Ketika sudah dipatahkan atau diaktifkan nyala tidak akan bisa dimatikan, pancaran cahaya akan berlangsung terus menerus sampai reaksi kimia yang muncul telah habis.

Apakah temperature mempengaruhi kerja glow stick?

Ya. Proses kimia yang terjadi di dalam glow stick akan melambat jika berada di tempat yang bersuhu rendah atau dingin (seperti disimpan di dalam kulkas setelah ) sehingga membuat nyala glow stick berkurang (tidak maksimal). Namun, durasi nyala glow stick menjadi bertambah dan apabila di simpan di tempat  bersuhu tinggi, maka pancaran cahaya glow stick akan menyala lebih terang. Tetapi durasi nyala glow stick akan berkurang.

Bagaiman Mengecek Kualitas Glow Stick?

  • Tingkat kecerahan nyala glow stick dan berapa lama glow stick fosfor dapat menyala dan dapat menerangi secara maksimal.
  • Masa berlaku (masa pakai) atau Expired date dari produk. Rata-rata, glow stick memiliki masa pakai 1 tahun. Apabila glow stick diaktifkan (dipatahkan atau di kocok) setelah melewati masa pakai, maka bisa jadi nyala nya akan tidak maksimal atau bahkan tidak mengeluarkan cahaya apapun.
    Khusus untuk glow stick yang biasa digunakan untuk safety reason biasanya memiliki masa pakai lebih panjang, yaitu mencapai 2 tahun lamanya. Hendaknya anda perhatikan masa berlaku produk saat anda beli glow stick.

Indoglowdark memiliki berbagai macam produk glow stick, kami jual glow stick dalam harga yang sangat terjangkau. Produk yang juga biasa disebut stick fosfor ini memang menjadi favorit banyak orang. Berikut diantaranya (silahkan meng klik untuk menuju info produk) :

  1. LED Stick Foam
  2. LED Stick Foam – Custom Printed
  3. LED Stick Foam – Sound Sensitive
  4. Glow Stick 6 inch

Harga glow stick sendiri berkisar antara Rp 10.000 – 25.000 saja, murah bukan ? Kami memang tempat jual glow stick murah, apalagi untuk partai banyak akan mendapatkan harga khusus tentu saja.
Apabila anda berniat untuk jual light stick, anda bisa menjadi reseller kami silahkan menghubungi contact us untuk penawaran kerjasamanya.
Glow stick fosfor ini menjadi salah satu produk kami yang paling banyak terjual, karena kebutuhan akan produk ini sangat besar terutama untuk event seperti pertunjukan musik dll.

Save

Save