Cara Mengecat Cat Glow in the Dark dengan Aplikasi Spray

 

Setelah kita melewati semua tahap persiapan permukaan yang akan di cat fosfor maka kita siap melangkah ke tahap berikutnya.

 

Pada artikel ini kita hanya akan membahas lebih detil pengecatan cat fosfor basis minyak atau solvent based glow paint dengan cara spray atau semprot menggunakan mesin kompresor.

Adapun beberapa alat dan perlengkapanya sebagai berikut:

  • Botol atau Kaleng sebagai wadah penampung
  • Thinner kualitas bagus atau Thinner PU
  • Lampu UV –A
  • Gravity feed spray gun
  • Mesin Kompresor
  • Kacamata dan Masker

Tahap pengerjaannya sebagai berikut:

  1. Sebelum menuangkan cat fosfor keluar, Aduk terlebih dahulu sampai rata, kemudian tuang keluar cat fosfor sebanyak sesuai kebutuhan. Tuangkan Thinner PU sebanyak yang dibutuhkan sesuaikan dengan vikositas yang dibutuhkan. Anda bisa mencoba dengan menambahkan thinner PU dengan rasio 2:1 cat fosfor. Aduklah perlahan secara merata apabila cat adukan masih terlalu kental maka anda bisa menambahkan thinner PU.

 

  1. Pasang Lampu UV mendekati objek yang akan di cat. Pilihlah lampu UV dengan dimensi yang pas sesuai dengan ukuran objek. Jarak lampu UV dengan objek juga patut dipertimbangkan karena semakin jauh berarti membutuhkan lampu UV yang semakin besar watt nya. Lampu UV akan membantu kita mengontrol hasil cat termasuk daya sebar cat fosfor dan tingkat ratanya lapisan cat fosfor. Pastikan ruangan cukup remang atau gelap untuk bisa melihat efek paparan sinar UV ke cat fosfor

 

  1. Hanya Gunakan Spray Gun model gravity feed karena massa jenis pigment bubuk fosfor yang besar membuat pigment cenderung turun ketika cat fosfor menjadi encer. Dengan model gravity feed maka penyebaran partikel bubuk fosfor akan lebih lancar dan merata maksimal. Pastikan Nozzle spray gun berukuran besar misalnya berukuran 1.2 karena pigment cat fosfor yang besar. Dengan lubang nozzle yang besar diharapkan aliran cat fosfor lancer melewati dan nozzle dan tidak terjadi penyumbatan.

 

Proses pengecatan menjadi bagian yang paling menentukan hasil cat fosfor glow in the dark. Hal yang patut diperhatikan adalah hasil cat fosfor itu terkesan transparan sehingga kita harus mengandalkan lampu UV untuk mengecek hasil spray pada tiap lapisan. Paparan sinar lampu UV pada objek akan menjadi patokan hasil pengecatan.Cat fosfor perlu diaplikasikan beberapa lapis untuk mendapatkan hasil maksimal, Dianjurkan minimal 3 kali lapis untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Semprotlah fosfor dengan arah horizontal segaris X, arah vertical segaris Y dan juga bisa ditambahkan geraka memutar mengelilingi setiap garis X dan Y tersebut.Dengan cara penyemprotan demikian di harapkan lapisan cat fosfor glow in the dark bisa maksimal.

Satu hal yang patut diperhatikan juga jarak waktu antar tiap lapisan, pastikan cat dalam keadaan kering sentuh ketika memulai lapisan berikutnya karena apabila jarak waktu terlalu dekat maka dikhawatirkan adanya efek meleleh atau efek sagging. Tidak lupa anda juga perlu memperhatikan jarak spray gun terhadap objek dan tekanan kompresor pada proses pengecatan.

Setelah pengecatan selesai, untuk proses finishing anda bisa menambahkan lapisan varnish atau lapisan clear tetapi indoglowdark lebih menganjurkan untuk tidak menambahkan lapisan varnish lagi supaya cat fosfor lebih mudah terpapar atau terekspos sinar sehingga efek glow akan lebih maksimal.

Kalaupun mau diaplikasikan lapisan clear atau varnish sebagai unsur protektif maka pastikan lapisan clear tersebut tidak mengandung anti UV karena anti UV akan memblok UV yang dibutuhkan cat fosfor untuk menyimpan energy sebagai efek glow in the dark.

Demikianlah sharing dari indoglowdark mengenai cara mengecat cat fosfor solvent based basis minyak dengan metode spray semprot kompresor.