Cara Mengecat Jalur Evakuasi Emergency Exit dengan Cat Fosfor Glow in the Dark

Aplikasi pengecatan cat fosfor minyak solvent based dengan aplikasi semprot memang memberikan hasil yang jauh lebih tipis dan rata dibandingkan dengan aplikasi kuas. Tetapi Aplikasi semprot juga lebih boros dalam proses pengecatan.

Biasanya pengguna lebih memilih aplikasi kuas apabila media tersebut luas dan hasil akhir secara penampilan tidak menjadi prioritas pertama yang penting hasil cat fosfor terang maksimal.

Salah satu contoh aplikasi yang dianjurkan dengan memakai kuas untuk produk cat minyak fosfor Magma Luminos adalah aplikasi ke lantai beton untuk kebutuhan jalur evakuasi di pabrik, gudang dan tangga darurat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum kita melakukan pengecatan fosfor.

Umumnya semua lantai pabrik, gudang dan lantai tangga darurat itu terbuat dari beton. Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah apakah beton itu adalah beton polos atau sudah ada lapisan cat seperti epoxy atau lainnya.  Biasanya lantai beton tersebut sudah ada garis garis jalur evakuasi yang umumnya berwarna kuning.  Untuk mendapatkan hasil maksimal secara daya terang sangat dianjurkan warna dasar nya adalah warna putih atau warna kuning seperti biasa warna jalur evakuasi.

Sebelum memulai tahap pengecatan cat fosfor ada beberapa hal yang harus disurvey dan dipersiapkaan terlebih dahulu.

  1. Kebersihan lantai, pastikan lantai tidak kotor dengan debu, minyak, oli ataupun bekas bahan kimia.
  1. Lantai beton yang mulus, apakah kondisi lantai beton retak? Ataukah lantai beton dalam kondisi terkelupas? Apabila dibutuhkan lantai beton tersebut butuh ditambal atau  di cor ulang.
  1. Lantai beton yang sudah ada cat sebelumnya, pastikan kualitas dan daya rekat cat yang dipakai masih dalam kondisi bagus. Untuk mengetesnya bisa dengan mengecat sedikit di atas cat tersebut, apakah cat bawah menjadi mengeriput? Ataukah cat dibawahnya terkelupas? Dan juga bisa menggunakan lakban untuk mengetes daya rekatnya, tempelkan di ujung cat dan tarik dengan kuat dan cepat pada cat tersebut.

Pada saat ini kita mengasumsikan beton sudah bersih dalam kondisi baik dan siap menjalani proses cat primer.  Cat primer berfungsi untuk menjadi lapisan yang memberikan daya rekat antara beton dan lapisan cat sesudahnya. Ada beberapa merek dan jenis cat yang bisa dijadikan pilihan sebagai cat primer untuk lantai beton. Bahan Epoxy adalah salah satu yang cukup umum dan popular dipakai sebagai cat lantai karena epoxy dapat memberikan hasil yang sangat keras dan protektif terhadap lantai beton.

Setelah cat primer sudah kering maka cat primer siap diaplikasikan dengan cat dasar warna. Sekali lagi, dianjurkan cat dasar warna putih atau warna kuning seperti jalur evakuasi menjadi pilihan warna terbaik karena efek glow in the dark paling optimal dengan latar belakang warna terang.

Bagian terakhir adalah mengecat cat fosfor. Untuk itu perlu disiapkan beberapa alat perlengkapan seperti:

  1. Wadah cat berbentuk bulat dan ceper

Bentuk ceper dan bulat dibutuhkan untuk menjadi wadah sementara tampung cat fosfor untuk diaduk. Wadah ceper akan membuat pemakaian cat fosfor lebih hemat

  1. Kuas Sintetis

Kuas material sintetis ini tidak mudah rontok dan tidak menimbulkan bekas goresan dibandingkan bahan bulu

  1. Lampu UV, dianjurkan menggunakan lampu UV 40 watt karena dimensi panjan 40cm dan 36 watt sehingga daya jangkau paparan sinar UV cukup luas semasa pengerjaan
  1. Lakban kertas, untuk memberikan batas kuasan dan batas areal pengecatan

 

Berikut langkah langkah dan tips proses pengerjaannya:

  1. Sebelum dituangkan keluar, aduk terlebih dahulu cat fosfor pada kaleng cat fosfor
  2. Tuangkan ke wadah ceper dan aduk kembali secara merata dan kalau perlu campurkan thinner atau dibutuhkan komponen B
  3. Pasang lampu UV di areal pengecatan di lantai beton tersebut dan pastikan tingkat cahaya tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap sehingga efek sinar UV masih keliatan di cat fosfor
  4. Sering seringlah mengaduk cat di wadah ceper selama proses pengecatan dengan kuas
  5. Dianjurkan menimpa cat sebanyak 3 lapis. Selama mengecat terus perhatikan efek paparan sinar UV dengan cat fosfor. Dari situ akan terlihat apakah cat fosfor sudah rata atau masih bercak bercak.

 

Sesudah melewati proses itu, tinggal memilih apakah akan menggunakan lapisan varnish atau clear coaat lagi atau tidak itu tergantung kebutuhan dan biaya. Kalaupun menginginkan clear coat lagi untuk melindungi pastikan clear coat itu tidak mengandung anti UV.  Selamat bekerja!

 

 

 

Cara Mengecat Cat Glow in the Dark dengan Aplikasi Spray

 

Setelah kita melewati semua tahap persiapan permukaan yang akan di cat fosfor maka kita siap melangkah ke tahap berikutnya.

 

Pada artikel ini kita hanya akan membahas lebih detil pengecatan cat fosfor basis minyak atau solvent based glow paint dengan cara spray atau semprot menggunakan mesin kompresor.

Adapun beberapa alat dan perlengkapanya sebagai berikut:

  • Botol atau Kaleng sebagai wadah penampung
  • Thinner kualitas bagus atau Thinner PU
  • Lampu UV –A
  • Gravity feed spray gun
  • Mesin Kompresor
  • Kacamata dan Masker

Tahap pengerjaannya sebagai berikut:

  1. Sebelum menuangkan cat fosfor keluar, Aduk terlebih dahulu sampai rata, kemudian tuang keluar cat fosfor sebanyak sesuai kebutuhan. Tuangkan Thinner PU sebanyak yang dibutuhkan sesuaikan dengan vikositas yang dibutuhkan. Anda bisa mencoba dengan menambahkan thinner PU dengan rasio 2:1 cat fosfor. Aduklah perlahan secara merata apabila cat adukan masih terlalu kental maka anda bisa menambahkan thinner PU.

 

  1. Pasang Lampu UV mendekati objek yang akan di cat. Pilihlah lampu UV dengan dimensi yang pas sesuai dengan ukuran objek. Jarak lampu UV dengan objek juga patut dipertimbangkan karena semakin jauh berarti membutuhkan lampu UV yang semakin besar watt nya. Lampu UV akan membantu kita mengontrol hasil cat termasuk daya sebar cat fosfor dan tingkat ratanya lapisan cat fosfor. Pastikan ruangan cukup remang atau gelap untuk bisa melihat efek paparan sinar UV ke cat fosfor

 

  1. Hanya Gunakan Spray Gun model gravity feed karena massa jenis pigment bubuk fosfor yang besar membuat pigment cenderung turun ketika cat fosfor menjadi encer. Dengan model gravity feed maka penyebaran partikel bubuk fosfor akan lebih lancar dan merata maksimal. Pastikan Nozzle spray gun berukuran besar misalnya berukuran 1.2 karena pigment cat fosfor yang besar. Dengan lubang nozzle yang besar diharapkan aliran cat fosfor lancer melewati dan nozzle dan tidak terjadi penyumbatan.

 

Proses pengecatan menjadi bagian yang paling menentukan hasil cat fosfor glow in the dark. Hal yang patut diperhatikan adalah hasil cat fosfor itu terkesan transparan sehingga kita harus mengandalkan lampu UV untuk mengecek hasil spray pada tiap lapisan. Paparan sinar lampu UV pada objek akan menjadi patokan hasil pengecatan.Cat fosfor perlu diaplikasikan beberapa lapis untuk mendapatkan hasil maksimal, Dianjurkan minimal 3 kali lapis untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Semprotlah fosfor dengan arah horizontal segaris X, arah vertical segaris Y dan juga bisa ditambahkan geraka memutar mengelilingi setiap garis X dan Y tersebut.Dengan cara penyemprotan demikian di harapkan lapisan cat fosfor glow in the dark bisa maksimal.

Satu hal yang patut diperhatikan juga jarak waktu antar tiap lapisan, pastikan cat dalam keadaan kering sentuh ketika memulai lapisan berikutnya karena apabila jarak waktu terlalu dekat maka dikhawatirkan adanya efek meleleh atau efek sagging. Tidak lupa anda juga perlu memperhatikan jarak spray gun terhadap objek dan tekanan kompresor pada proses pengecatan.

Setelah pengecatan selesai, untuk proses finishing anda bisa menambahkan lapisan varnish atau lapisan clear tetapi indoglowdark lebih menganjurkan untuk tidak menambahkan lapisan varnish lagi supaya cat fosfor lebih mudah terpapar atau terekspos sinar sehingga efek glow akan lebih maksimal.

Kalaupun mau diaplikasikan lapisan clear atau varnish sebagai unsur protektif maka pastikan lapisan clear tersebut tidak mengandung anti UV karena anti UV akan memblok UV yang dibutuhkan cat fosfor untuk menyimpan energy sebagai efek glow in the dark.

Demikianlah sharing dari indoglowdark mengenai cara mengecat cat fosfor solvent based basis minyak dengan metode spray semprot kompresor.

Persiapan Permukaan Media Sebelum Mengecat Cat Fosfor Glow in the Dark

 

Orang sering bertanya, “ Bagaimana caranya mengecat fosfor ?”  Jawabannya yang mestinya sederhana tapi kalau diterangkan secara detail untuk mendapatkan hasil terbaik maka jawaban itu jadi terkesan rumit dan membingungkan.  Hal ini karena kita masih menggunakan kerangka berpikir dan keahlian mengecat cat warna biasa. Walaupun cat fosfor cara aplikasinya masih menggunakan alat yang biasa dipakai tapi karena perbedaan karakteristik cat fosfor dibandingkan dengan cat warna maka ada sedikit perbedaan yang bisa kita cermatin.

Untuk jauh lebih memahami cara mengecat fosfor dibutuhkan sedikit informasi dan pengetahuan komposisi cat. Ada satu perbedaan yang sangat mencolok apabila kita bandingkan cat fosfor dengan cat biasa yaitu tingkat vikositas cat.Selain itu ukuran partikel pigment fosfor yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pigment cat warna biasa. Perbedaan ukurannya bisa berpuluh puluh kali lipat dan bahkan mungkin ratusan kali lipat tergantung dari spesifikasi cat fosfor yang akan diaplikasikan. Ini menjadi faktor utama kenapa cara mengecat fosfor itu berbeda dengan cat warna umumnya.

Pengecatan cat fosfor bersifat top coat atau lapisan terakhir maka kita perlu menyiapkan terlebih dahulu lapisan dasar untuk memberikan hasil terbaik.  Berikut adalah tahap pengerjaan dan hal yang harus diperhatikan.

  1. Persiapan permukaan

Ada dua jenis permukaan yang biasanya kita temukan, permukaan yang masih mentah atau permukaan yang sudah terdapat cat bekas sebelumnya.  Dengan asumsi, pengerjaan dari dasar maka kita harus pastikan permukaan bersih dari semua kotoran ataupun bekas cat sebelumnya. Tahap ini kita bisa menggunakan amplas halus untuk media kayu dan besi. Tahap dasar ini tergantung dari jenis bahan material. Tingkat kesulitan dan alat yang dipakai untuk tahap ini sangat disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Tujuan utama dari tahap ini adalah menyiapkan permukaan sehingga permukaan tersebut bersih dan mungkin perlu diamplas halus supaya permukaannya siap untuk lapisan primer. Lapisan yang sedikit kasar akan membantu daya rekat cat.

  1. Cat Primer atau Cat Dasar

Setiap jenis permukaan mempunyai jenis cat primer tersendiri disesuaikan dengan jenis bahan material permukaan tersebut. Misalkan plastik dan besi mempunyai jenis cat primer yang bebeda begitu juga dengan aplikasi kayu, beton, aluminium dan lainnya. Carilah di pasaran cat dasar primer yang sesuai diperuntukkan untuk permukaan tersebut. Biasanya kita mendapatkan nama seperti zinc chromate sebagai nama cat primer atau cat dasar.

Cat dasar ini selain berfungsi dasar untuk menjadi daya rekat utama antara jenis permukaan dan cat lapisan pertama juga biasa berfungsi sebagai anti karat untuk media besi. Biasanya juga cat primer ini disebut cat meni.  Cat primer ini biasanya berwarna hijau atau wana abu.

  1. Cat Lapisan kedua

Dikarenakan cat primer yang berwarna gelap maka cat primer perlu ditimpa warna terang sehingga warna terang tersebut menjadi warna background untuk cat fosfor glow in the dark itu. Untuk lapisan ini, biasanya dianjurkan memakai warna putih karena warna putih adalah warna background yang paling terang untuk lapisan cat fosfor di atasnya. Kalau warna putih terlalu pucat atau lebih menyukai warna lain maka anda bisa menggunakan warna pastel muda seperti krem kuning atau warna pastel lainnya.  Yang perlu dipahami di lapisan ini tujuan kita memberikan warna dasar sebelum warna fosfor karena cat fosfor itu efeknya terkesan transparan sehingga penentuan warna ini sama seperti menentukan warna apa yang akan terlihat apabila cat itu di luar ruangan atau ketika berada di tempat terang.

Sampai pada tahap ini Kita sudah melewati tahap tahap yang benar sebelum ke lapisan terakhir yaitu lapisan cat fosfor glow in the dark. Keberhasilan kita mengecat cat fosfor ditentukan dari persiapan kita di tahap ini. Kalau diibaratkan rumah, cat fosfor glow in the dark hanyalah bagian atap atau genteng dari seluruh fondasi yang kita bangun. Apabila fondasi bawah sudah benar dan kuat secara tidak langsung cat fosfor akan memberikan hasil yang optimal dan awet.

 

Tips dan Panduan Cara Membeli Cat Fosfor yang Tepat

Saat ini di pasaran banyak sekali cat fosfor yang beredar dan dijual bebas baik di toko, marketplace, blog ataupun website. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang panduan ini ada baiknya kita menyamakan persepsi terlebih dahulu definsi cat fosfor.  Cat fosfor yang akan kita bicarakan ini adalah cat yang mampu berpendar dalam gelap tanpa bantuan lampu UV.  Jadi ketika cat fosfor itu dibawa ke tempat yang lebih gelap sesudah di sinarin maka si cat fosfor akan kelihatan berpendar.  Ok. Kalau begitu kita mulai pembahasan tentang pertimbangan ketika membeli cat fosfor.

  1. Media Permukaan

Jenis permukaan yang akan kita aplikasikan adalah pertimbangan yang paling utama dalam memilih cat fosfor yang tepat.   Setiap jenis permukaan mempunyai karakter yang berbeda dan membutuhkan jenis cat dan karakteristik cat yang berbeda.   Jenis permukaan plastik, kayu, besi, kain , tembok , gypsum dan lain lain. Indoglowdark akan memberikan satu rumus yang sederhana dan gampang di ingat untuk mengetahui jenis cat apa yang direkomendasikan.

  • Apabila jenis permukaan tersebut mampu menyerap air seperti kertas, gypsum,kayu polos, kain katun dan kanvas maka indoglowdark merekomendasikan menggunakan cat berbasis air atau waterbased yang berarti cat jenis tersebut dapat diencerkan dengan air.
  • Apabila jenis permukaanya tidak dapat menyerap air maka direkomendasikan menggunakan cat berbasis minyak atau cat solvent based yang berarti pengenceran cat tersebut menggunakan minyak seperti thinner atau lainya.

Untuk produk indoglowdark :

  • Magma Luminos, cat minyak solvent based cocok diaplikasikan ke media sepreti kayu, besi, dan media tidak serap air lainya
  • Satiniq Luminos, cat air water based cocok untuk media kertas, kanvas, gypsum, kain, tembok dan media serap air lainnya
  • Lumex , cat minyak cocok untuk semua media, idealnya untuk craft dan hobby untuk aplikasi media halus dan detail
  • Rustoleum Glow max, Aerosol spray glow paint  yang siap pakai untuk semua media

 

  1. Metode Aplikasi

Apabila menggunakan jenis cat waterbased maka aplikasi nya hanya direkomendasikan dengan kuas.  Kuas sintetis sangat dianjurkan karena akan garis atau bulu kuas yang lebih halus sehingga hasil kuasan akan lebih rata dan hasil garis kuas tidak kelihatan.

Sedangkan Jenis cat minyak  solvent based  direkomendasikan menggunakan aplikasi semprot untuk menghasilkan lapisan yang rata dan tipis. Gravity feed spray gun sangat dianjurkan untuk memberikan hasil optimal.

Untuk produk indoglowdark :

  • Magma Luminos, cat minyak solvent based, cat magma ini dapat digunakan untuk aplikasi dengan kuas dan spray kompresor. Untuk hasil yang terbaik, dianjurkan dengan metode spray karena hasil rata dan tipis
  • Satiniq Luminos, cat air water based menggunakan aplikasi kuas sintetis
  • Lumex , cat minyak dengan aplikasi kuas sintetis
  • Rustoleum Glow max, Aerosol spray glow paint  sehingga ini sudah siap dipakai

 

  1. Jenis fosfor dan ukuran partikel bubuk

Jenis fosfor ada dua yaitu zinc sulfide dan strontium aluminate. Strontium aluminate mampu menyala 10 kali lipat lebih terang dari zinc sulfide dan mampu berpendar jauh lebih lama dari zinc sulfide. Ukuran partikel bubuk yang halus dan kasar akan memberikan hasil akhir yang berbeda.  Untuk aplikasi kuas, ukuran partikel tidak berpengaruh, kecuali media  aplikasi sangatlah detail. Sedangkan aplikasi spray membutuhkan ukuran partikel dalam rentang ukuran tertentu supaya nozzle spray tidak tersumbat dan hasil aplikasi ke media lebih halus.

Semua produk cat fosfor glow in the dark sudah menggunakan kualitas fosfor strontium aluminate. Magma Luminous, Satiniq Luminos, Lumex, menggunakan bubuk partikel dengan rata rata 45 mikron. Ukuran partikel yang optimal antara hasil daya terang dan tingkat halus aplikasinya.

Apa itu bubuk fosfor? Faktor dasar penentu kualitas bubuk fosfor?

Ada sebuah keanehan dan fenomena yang terjadi di Indonesia, Mungkin sama seperti orang yang membeli air kemasan dengan merek  “ Aqua” untuk semua ukuran dan merek minuman kemasan, demikian juga dengan kata fosfor.  Dalam masyarakat Indonesia,  fosfor telah menjadi sebuah kata umum yang dipakai untuk mendeskripsikan sebuah benda atau alat yang menyala tanpa sumber tenaga listrik.

Asalkan bisa menyala tanpa listrik, itulah fosfor.  Sesederhana itulah pengertian fosfor yang  dikenal masyarakat Indonesia. Kata fosfor sendiri mungkin bisa kita runut dari bahasa Inggris yaitu phosphorescence, yang menurut Wikipedia adalah kemampuan  sebuah zat untuk menyimpan energy dan melepaskan kembali energy tersebut dalam bentuk cahaya. Sederhannya adalah kemampuan berpendar sebuah zat setelah di sinarin yang biasa kita kenal sebutan glow in the dark.

Biasanya pertama kali orang merasakan pengalaman melihat fosfor itu pada jam tangan,  jam dinding atau tempelan wall sticker di dinding dan tentu kita sendiri semua masih ingat bagaiman kita merasakan sebuah pengalaman yang wow karena efek berpendarnya cahay tersebut itu lembut dan berkesan. Semua produk tadi  adalah produk turunan yang bersumber dari pigment atau pewarnanya yang kita kenal dengan bubuk fosfor.

Bubuk fosfor sendiri juga biasa di sebut tepung fosfor, serbuk fosfor yang bentukna memang sesuai nama panggilannya tersebut. Namun demikian, yang sangat penting kita ketahui adalah tidak semua bubuk fosfor sama. Tentu saja, kita ingin membeli atau mencari bubuk fosfor yang paling terang. Kalau begitu,  ada beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk menilai sebuah kualitas bubuk fosfor . Berikut adalah poin poin nya:

  1. Jenis Material bubuk fosfor

Kita mengenal  Jenis material bubuk fosfor  yaitu zinc sulfide dan strontium aluminate.

Zinc sulfide sudah ditemukan oleh seorang ilmuwan prancis Theodore Sidot di tahun 1866.

Kemudian pada tahun 1993, Perusahaan Jepang, Nemoto & Co Ltd, menemukan fosfor yang mempunyai kualitas 10 kali lipat lebih terang dan lebih lama berpendar dibandingkan zinc sulfide dengan merek nama Luminova dan Super Luminova.

Walaupun demikian kita masih menjumpai fosfor kualitas zinc sulfide karena harga yang murah dan biasanya kita jumpai di produk mainan murahan.

 

  1. Ukuran Partikel bubuk fosfor

Kita bisa mengandaikan bubuk fosfor yang halus itu seperti sebuah media yang menyimpan energy. Bayangkan kalau bubuk kecil halus itu adalah sebuah bak mandi yang kecil yang akan menampung energy seperti layaknya menampung air. Secara logika semakin besar bak mandi, air akan tertampung lebih  banyak sehingga ketika kita menguras air, bak mandi besar lebih lama habis airnya dibandingkan bak mandi kecil.

Begitu juga dengan bubuk fosfor, semakin besar ukuran partikel semakin tinggi tingkat terang atau brightness dari bubuk tersebut.

Kedua poin di atas adalah dasar untuk menentukan tingkat terang dari bubuk fosfor.   Strontium aluminate jelas pilihan lebih baik dari sisi daya terang dan lama terang dibandingkan zinc sulfide.  Namun demikian apakah setiap bubuk strontium aluminate sama? Tentu saja tidak.

Pada saat ini, Selain Jepang, bubuk fosfor strontium aluminate juga diproduksi di beberapa pabrik di China.  Masing Masing pabrik tersebut mampu memproduksi fosfor dengan jenis zinc sulfide. Tapi setiap hasil pabrik mempunyai kualitas yang berbeda juga.

Premis pertama adalah semakin besar partikel semakin terang lah bubuk tersebut.  Kondisi  ideal dari bubuk fosfor yang terbaik adalah bubuk fosfor yang halus akan memberikan tingkat terang yang sama dengan bubuk fosfor yang kasar.

Ukuran partikel bubuk fosfor sangat mempengaruhi hasil akhir aplikasi.  Kita semua tentu lebih tertarik dengan hasil aplikasi cat fosfor yang halus  dengan daya terang sama dengan aplikasi cat fosfor yang kasar.  Ukuran partikel yang sama misalkan 45 mikron antara satu pabrik dengan pabrik lainnya bisa memberikan efek terang yang berbeda dan warna berpendar yang berbeda.

Setiap ukuran partikel fosfor juga menentukan harga jual tersebut.  Sekilas memang barang sama tapi kalau kita bandingkan dengan seksama secara data. Maka kita bisa memilih bubuk fosfor yang sesuai dengan nilainya.