Apa itu glow stick | light stick ? Bagaimana cara kerjanya?

Glow stick atau light stick digunakan dalam berbagai aplikasi, yang paling umum adalah dalam bidang entertainment seperti di acara-acara konser dan party dengan tema glow in the dark. Namun sebenarnya light stick atau glow stick juga digunakan oleh para penyelam untuk penerangan di bawah laut pada saat malam hari. Bahkan glow stick digunakan di militer sebagai penerangan dalam gelap jika terjadi situasi darurat.

 

 

Sebenarnya apakah glow stick termasuk dalam kategori photoluminescence atau glow in the dark stuff?

Jawabannya adalah tidak. Glow stick bekerja karena adanya interaksi antara 2 cairan kimia sehingga disebut sebagai chemoluminescence atau chemiluminescence. Jenis kimia yang ada di dalam glow stick itu disebut sebagai cyalume dimana terdiri dari hydrogen peroxide dan fluorescent dye.

Bagaimana cara pakai glow stick?

1. Dipatahkan dengan dibengkokkan sampai terdengar suara gelas pecah

2. Dikocok terlebih dahulu sehingga cairan kimia yang nyala menyebar secara merata

Berapa lama nyala glow stick?

Glow stick yang berkualitas bagus, mempunyai durasi nyala total selama 12 sampai 24 jam. Tetapi biasanya nyala paling terang dalam rentang waktu 6 jam.

Bagaimana menilai kualitas glow stick dan apa yang mempengaruhi?

Ada 2 hal yang menjadi standar kualitas glow stick yaitu seberapa cerah nyaal glow stick dan seberapa lama nyala glow stick.

Glow stick yang berkualitas berawal dari kualitas cairan kimia nya. Dan hal yang paling sederhana adalah perbandingan tingkat terangnya.

Glow stick yang expired atau masa pakai sudah habis akan mempunyai daya glow yang sangat redup dibandingkan glow stick yang fresh. Glow stick kualitas tinggi juga mempunyai durasi nyala yang lebih lama yang bias any mampu menyala lebih dari 12 jam.

Apakah glow stick hanya sekali pakai?

Ya. Karena nyala glow stick ini berasal dari 2 cairan kimia yang saling bereaksi maka glow stick hanya bisa dipakai sekali saja dan tidak dapat direcharge ataupun disimpan seperti phosphorescence atau glow in the dark.

Apa warna paling terang dari glow stick?

Hijau, apabila diurutkan warna paling terang itu hijau, kuning, putih, biru, merah, pink, dan orange.

Kenapa glow stick dipakai oleh penyelam ataupun tim SAR?

1. Tahan terhadap tekanan

2. Tidak menggunakan baterai

3. Water proof

4. Tidak menimbulkan api sehingga aman terhadap kemungkinan kebocoran gas

Apakah ada kemungkinan glow stick itu bocor?

Ya. Dengan kemungkinan ketika plastik pembungkusnya itu dipatahkan dan dibengkokkan dalam kondisi ekstrem seperti dibengkokkan sampai lebih dari 90 derajat .

Bagaimana caranya men-stop atau mematikan cahaya nya?

Ketika 2 cairan dalam tabung glow stick itu bereaksi, maka tidak bisa dihentikan lagi sampai masa reaksi kimia tersebut selesai.

Apakah temperature mempengaruhi kerja glow stick?

Ya. Suhu yang rendah atau dingin ( seperti simpan ke dalam kulkas ketika nyala) akan melambatkan proses reaksi kimia sehingga nyala glow stick berkurang tetapi durasi lama glow stick bertambah. dan apabila di suhu tinggi, maka glow stick akan menyala lebih terang dan durasi nyala berkurang.