Apa itu bubuk fosfor? Faktor dasar penentu kualitas bubuk fosfor?

Ada sebuah keanehan dan fenomena yang terjadi di Indonesia, Mungkin sama seperti orang yang membeli air kemasan dengan merek  “ Aqua” untuk semua ukuran dan merek minuman kemasan, demikian juga dengan kata fosfor.  Dalam masyarakat Indonesia,  fosfor telah menjadi sebuah kata umum yang dipakai untuk mendeskripsikan sebuah benda atau alat yang menyala tanpa sumber tenaga listrik.

Asalkan bisa menyala tanpa listrik, itulah fosfor.  Sesederhana itulah pengertian fosfor yang  dikenal masyarakat Indonesia. Kata fosfor sendiri mungkin bisa kita runut dari bahasa Inggris yaitu phosphorescence, yang menurut Wikipedia adalah kemampuan  sebuah zat untuk menyimpan energy dan melepaskan kembali energy tersebut dalam bentuk cahaya. Sederhannya adalah kemampuan berpendar sebuah zat setelah di sinarin yang biasa kita kenal sebutan glow in the dark.

Biasanya pertama kali orang merasakan pengalaman melihat fosfor itu pada jam tangan,  jam dinding atau tempelan wall sticker di dinding dan tentu kita sendiri semua masih ingat bagaiman kita merasakan sebuah pengalaman yang wow karena efek berpendarnya cahay tersebut itu lembut dan berkesan. Semua produk tadi  adalah produk turunan yang bersumber dari pigment atau pewarnanya yang kita kenal dengan bubuk fosfor.

Bubuk fosfor sendiri juga biasa di sebut tepung fosfor, serbuk fosfor yang bentukna memang sesuai nama panggilannya tersebut. Namun demikian, yang sangat penting kita ketahui adalah tidak semua bubuk fosfor sama. Tentu saja, kita ingin membeli atau mencari bubuk fosfor yang paling terang. Kalau begitu,  ada beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk menilai sebuah kualitas bubuk fosfor . Berikut adalah poin poin nya:

  1. Jenis Material bubuk fosfor

Kita mengenal  Jenis material bubuk fosfor  yaitu zinc sulfide dan strontium aluminate.

Zinc sulfide sudah ditemukan oleh seorang ilmuwan prancis Theodore Sidot di tahun 1866.

Kemudian pada tahun 1993, Perusahaan Jepang, Nemoto & Co Ltd, menemukan fosfor yang mempunyai kualitas 10 kali lipat lebih terang dan lebih lama berpendar dibandingkan zinc sulfide dengan merek nama Luminova dan Super Luminova.

Walaupun demikian kita masih menjumpai fosfor kualitas zinc sulfide karena harga yang murah dan biasanya kita jumpai di produk mainan murahan.

 

  1. Ukuran Partikel bubuk fosfor

Kita bisa mengandaikan bubuk fosfor yang halus itu seperti sebuah media yang menyimpan energy. Bayangkan kalau bubuk kecil halus itu adalah sebuah bak mandi yang kecil yang akan menampung energy seperti layaknya menampung air. Secara logika semakin besar bak mandi, air akan tertampung lebih  banyak sehingga ketika kita menguras air, bak mandi besar lebih lama habis airnya dibandingkan bak mandi kecil.

Begitu juga dengan bubuk fosfor, semakin besar ukuran partikel semakin tinggi tingkat terang atau brightness dari bubuk tersebut.

Kedua poin di atas adalah dasar untuk menentukan tingkat terang dari bubuk fosfor.   Strontium aluminate jelas pilihan lebih baik dari sisi daya terang dan lama terang dibandingkan zinc sulfide.  Namun demikian apakah setiap bubuk strontium aluminate sama? Tentu saja tidak.

Pada saat ini, Selain Jepang, bubuk fosfor strontium aluminate juga diproduksi di beberapa pabrik di China.  Masing Masing pabrik tersebut mampu memproduksi fosfor dengan jenis zinc sulfide. Tapi setiap hasil pabrik mempunyai kualitas yang berbeda juga.

Premis pertama adalah semakin besar partikel semakin terang lah bubuk tersebut.  Kondisi  ideal dari bubuk fosfor yang terbaik adalah bubuk fosfor yang halus akan memberikan tingkat terang yang sama dengan bubuk fosfor yang kasar.

Ukuran partikel bubuk fosfor sangat mempengaruhi hasil akhir aplikasi.  Kita semua tentu lebih tertarik dengan hasil aplikasi cat fosfor yang halus  dengan daya terang sama dengan aplikasi cat fosfor yang kasar.  Ukuran partikel yang sama misalkan 45 mikron antara satu pabrik dengan pabrik lainnya bisa memberikan efek terang yang berbeda dan warna berpendar yang berbeda.

Setiap ukuran partikel fosfor juga menentukan harga jual tersebut.  Sekilas memang barang sama tapi kalau kita bandingkan dengan seksama secara data. Maka kita bisa memilih bubuk fosfor yang sesuai dengan nilainya.